Kamis, Oktober 01, 2009

Museum Sejarah Nasional

Dibandingkan dengan Museum-museum yang ada di Jakarta seperti Museum Nasional (National museum of Indonesia), Museum Sejarah Jakarta (Jakarta History Museum), Museum Wayang (Shadow Puppets Museum), dan museum-museum lainnya maka mendengar nama Museum Sejarah Nasional kemungkinannya ada orang yang belum mengetahuinya. Berikut keterangan seputar Museum Sejarah Nasional yang dikutip dari Wikipedia berikut ini.

Landasan dasar Monas setinggi 3 m, di bawahnya terdapat ruang museum sejarah perjuangan nasional dengan ukuran luas 80x80 m, dapat menampung pengunjung sekitar 500 orang.

Pada keempat sisi ruangan terdapat 12 jendela peragaan yang mengabdikan peristiwa sejak zaman kehidupan nenek moyang bangsa Indonesia. Keseluruhan dinding, tiang dan lantai berlapis marmer. Selain itu, ruang kemerdekaan berbentuk amphitheater yang terletak di dalam cawan tugu Monas, menggambarkan atribut peta kepulauan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Kemerdekaan RI, bendera merah putih dan lambang negara dan pintu gapura yang bertulis naskah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Di dalam bangunan Monumen Nasional ini juga terdapat museum dan aula untuk bermeditasi. Para pengunjung dapat naik hingga ke atas dengan menggunakan elevator. Dari atau Monumen Nasional dapat dilihat kota Jakarta dari puncak monumen. Monumen dan museum ini dibuka setiap hari, mulai pukul 09.00 - 16.00 WIB.

0 comments: