Selasa, Mei 19, 2009

Gedung S. Widjojo

Gedung S. Widjojo dengan desain unik ini terletak di Jalan Sudirman Jakarta, berdekatan dengan gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Senayan.

keterangan lengkap berikut ini, seputar gedung dan bahan bangunannya dikutip dari website GRC Widjojo

PT Guna Reka Cipta (GRC) Widjojo sangat erat hubungannya dengan sejarah masuknya bahan bangunan GRC ke pasaran bahan bangunan dan dunia konstruksi di Indonesia pada tahun 1978.

Desain yang unik dari gedung S.Widjojo Center di Jl. Jendral Sudirman - Jakarta adalah penggunaan pertama GRC untuk gedung di Indonesia, karena bahan bangunan konvensional lainnya tidak bisa memenuhi konsep desain yang diinginkan perencana.

Bahan ini merupakan hasil akhir dari serangkaian penyelidikan yang dilakukan oleh Building Research Establishment bekerja sama dengan Pilkington Brothers di Inggris pada akhir tahun 1960-an dan sejak itu diajukan hak patennya oleh National Research Development Corp. Sejak tahun 1971 mulai dipasarkan untuk umum jenis fiberglass tahan alkali dan sejak itulah penggunaan GRC mulai berkembang pesat dengan system lisensi melalui Pilkington Brothers dari Inggris.

PT S. Widjojo adalah perusahaan pertama di Indonesia yang dipercaya, dan memperoleh lisensi dari Pilkington Brothers di Inggris untuk memproduksi GRC di Indonesia sesuai dengan syarat mutu standar mereka.

Menjelang akhir tahun 1979, saat pembangunan gedung S. Widjojo Center mendekati akhir, maka dibentuklah Divisi GRC dalam perusahaan PT. S. Widjojo. Untuk menunjang pengembangan usaha dibidang tersebut, dikirim beberapa karyawan ke Inggris untuk mempelajari teknologi produksi bahan langsung dari sumbernya.

Sejak tahun 1979, PT. S. Widjojo dengan Divisi GRCnya terdaftar sebagai anggota penuh dari GRC Assosiation (GRCA) yang berinduk di London. Sebagai anggota dari asosiasi tersebut, Divisi GRC PT. S. Widjojo ikut ambil dalam kegiatan internasional GRCA, antara lain dalam Kongres Dwi tahunan yang ke-4 di Stratfort Upon-Avon (Inggris 1983), dan yang ke 5 di Darmstadt (Jerman Barat,1985). Selain kongres yang di selenggarakan setiap dua tahun, Divisi PT. S. Widjojo mengirimkan pula wakilnya ke Simposium GRC di Heatrow (Inggris, 1984) dan Gatwick (Inggris, 1986).

Pada pertengahan tahun 1986, Divisi GRC PT.S. Widjojo dipisahkan dari perusahaan induknya dan berdiri sendiri sebagai PT. Guna Reka Cipta (GRC) Widjojo, dengan bidang usaha yang sama dan ditangani tenaga-tenaga yang sama sampai saat ini.

PT. GRC Widjojo selalu menjaga hubungan baik dengan GRCA di London dan juga produsen fiberglass, sehingga setiap perkembangan baru di bidang GRC bisa selalu diikuti.

Pengalaman dibidang GRC, baik dari segi desain maupun produksi, sejak tahun 1979 merupakan suatu aset yang tak ternilai dan sangat bermanfaat bagi semua pihak.

Perpindahan kepemilikan dibidang usaha fibreglass dari Pilkington Brothers Ltd, di Inggris kepada St. Gobain yang berpusat di Paris, tidak berpengaruh pada usaha GRC diseluruh pelosok dunia.


0 comments: