Rabu, Mei 06, 2009

Pulau Seribu (Thousand Island)

Pulau Seribu (Thousand Island) terbentang di perairan teluk Jakarta sepanjang 100 mil dengan luas 108.000 Ha. Gugusan pulau besar dan kecil yang terdapat di Pulau Seribu (Thousand Island) berjumlah sekitar 110 pulau yang terbagi atas pulau wisata, konservasi, sejarah, dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan perbedaan karakteristik antara satu pulau dengan pulau lainnya.

Pulau Seribu (Thousand Island) merupakan sebuah kabupaten yang berada dibawah pemerintahan Provinsi DKI Jakarta dengan dikepalai oleh seorang Bupati yang berkantor di Pulau Pramuka. Sebagai ibukota kabupaten, Pulau Pramuka memiliki infrastruktur yang lengkap seperti : gedung sekolah, sarana olahraga, sistem keamanan terpadu hingga puskemas dan rumah sakit dengan beberapa unit speed boat ambulance.

Pulau yang diperuntukkan bagi tujuan wisata sebanyak 45 pulau yang terbagi dalam wisata umum dan wisata khusus. Diantara pulau-pulau yang berada di Pulau Seribu (Thousand Island), 6 diantaranya telah dijadikan sebagai pulau wisata yaitu : Pulau Ayer, Pulau Bidadari, Pulau Kotok, Pulau Putri, Pulau Pantara, Pulau Sepa. Pulau wisata pada Pulau Seribu (Thousand Island) memiliki sarana dan prasarana memadai dan lengkap.




0 comments: