Rabu, Mei 13, 2009

Pulau Seribu (Thousand Island) ; Tips

  • Wisatawan mancanegara umumnya berkunjung ke pulau wisata yang sudah memiliki sarana dan prasarana lengkap seperti Pulau Ayer, Pulau Bidadari, Pulau Kotok, Pulau Putri, Pulau Pantara, Pulau Sepa. Pengelola pulau wisata (resort island) yang ada di Pulau Seribu (Thousand Island) diantaranya ada yang menawarkan program kunjungan sehari. Wisatawan berangkat pagi hari dari Marina Ancol Jakarta menuju salah satu pulau wisata dan sore harinya kembali lagi ke Jakarta.
  • Wisatawan lokal umumnya berkunjung ke Pulau Pramuka selain pulau wisata (resort island) di Pulau Seribu (Thousand Island). Alasan wisatawan lokal yang berkunjung ke Pulau Pramuka adalah harga yang harus dibayar lebih murah dibandingkan dengan berkunjung pulau wisata (resort island). Namun perlu dicatat bahwa fasilitas yang ada di Pulau Pramuka tidaklah selengkap yang ada di Pulau Wisata (resort island).
  • Bagi backpacker yang tidak tergantung dengan fasilitas lengkap dan tertarik berkunjung ke Pulau Pramuka maka yang patut anda ketahui adalah : untuk mengunjungi Pulau Pramuka menggunakan kapal kayu yang berangkat setiap hari pukul 6 – 7 pagi dari pelabuhan Muara Angke, Jakarta.
  • Kepulangan dari Pulau Pramuka ke Muara Angke Jakarta, jadwal kapal setiap hari pukul 1 siang. Waktu tempuh dari Muara Angke ke Pulau Pramuka dan sebaliknya sekitar 2,5 – 3 jam. Tidak ada Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di Pulau Pramuka dan di pulau-pulau lainnya di Pulau Seribu (Thousand Island).
  • Pulau Pramuka memiliki keterbatasan diantaranya aliran listrik akan dimatikan beberapa jam pada siang hari dan disarankan untuk menghidupkan Air Conditioner (AC) mulai pukul 21.00 malam.
  • Terdapat beberapa home stay di Pulau Pramuka dan sebuah penginapan yang letaknya strategis ditepi laut seperti Villa Delima (021) 543 73149. Pada musim liburan biasanya penginapan di Pulau Pramuka sudah penuh dipesan oleh rombongan (grup) yang berkunjung.
  • Olahraga laut yang umumnya dilakukan di sekitar Pulau Pramuka seperti berenang, snorkeling, dan diving. Agar biaya yang ditanggung lebih murah maka disarankan bepergian ke Pulau Pramuka minimal 3 orang atau lebih, hal tersebut dikarenakan untuk melakukan aktivitas olahraga laut maka harus menyewa kapal kayu untuk mencari posisi karang laut yang bagus. Bila kunjungan dilakukan dengan beberapa orang maka biaya sewa kapal dapat di sharing.
  • Perkiraan harga-harga di Pulau Pramuka (update tahun 2009) : sewa penginapan Rp. 200 – 350 ribu per hari dan dapat ditempati 2 atau 3 orang, sewa kapal kayu setengah hari Rp. 150 – 200 ribu, sewa alat snorkeling Rp. 25 – 35 ribu, instruktur snorkeling Rp. 60 ribu, sewa alat diving dan instruktur untuk setengah hari Rp. 300 – 500 ribu, ongkos kapal kayu dari Muara Angke Jakarta ke Pulau Pramuka atau sebaliknya Rp. 30 ribu, kapal kayu regular antara Pulau Pramuka ke Pulau Panggang dan sebaliknya Rp. 3 ribu, harga makanan (nasi + ikan + sayur) sekitar Rp. 10 – 15 ribu.

1 comments:

Dian mengatakan...

No Telp Villa Delima koq ga bisa ya?
Ad Nomor lain ga?? penginapan2 lain yg ad di pulau pramuka boleh juga kok.
Thanx >o<