Jumat, Juli 24, 2009

Museum Nasional alias Museum Gajah

Museum Nasional (National Museum of Indonesia) sebagai sebuah lembaga studi warisan budaya dan pusat informasi edukatif kultural dan rekreatif, mempunyai kewajiban menyelamatkan dan melestarikan benda warisan budaya bangsa Indonesia. Hingga saat ini koleksi yang dikelola berjumlah 141.899 benda, terdiri atas 7 jenis koleksi yaitu prasejarah, arkeologi, keramik, numismtik-heraldik, sejarah, etnografi dan geografi.

Penyelamatan dan pelestarian budaya ini pada hakekatnya ditujukan untuk kepentingan masyarakat, diinformasikan melalui pameran dan penerbitan-penerbitan katalog, brosur, audio visual juga website. Tujuannya agar masyarakat tahu dan ikut berpartisipasi dalam pelestarian warisan budaya bangsa.

Mengenai pameran, sistem penataan pameran di gedung lama Museum Nasional (National Museum of Indonesia) (Unit A) berdasarkan pada jenis-jenis koleksi, baik berdasarkan keilmuan, bahan, maupun kedaerahan. Seperti Ruang pameran Prasejarah, Ruang Perunggu, Ruang Tekstil, Ruang Etnografi daerah Sumatra, dan lain-lain. Sedangkan penataan pameran di gedung baru (Unit B atau Gedung Arca) tidak lagi berdasarkan jenis koleksi melainkan mengarah kepada tema berdasarkan aspek-aspek kebudayaan yang mana manusia diposisikan sebagai pelaku dalam lingkungan tempat tinggalnya. Tema pameran yang berjudul “Keanekaragaman Budaya dalam Kesatuan” ini terdiri dari beberapa subtema antara lain [1] Manusia dan Lingkungan, [2] Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Ekonomi, [3] Organisasi Sosial dan Pola Pemukiman, dan [4] Khasanah dan Keramik.

Hari dan jam kunjungan

Museum Nasional (National Museum of Indonesia) dibuka untuk pengunjung dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.00 pada hari-hari Selasa, Rabu, Kamis dan Jum'at, dan dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00 pada hari Sabtu dan Minggu. Museum Nasional (National Museum of Indonesia) ditutup untuk umum setiap hari Senin dan Hari Besar Nasional/Keagamaan. Untuk Ruang Khasanah Emas ditutup satu jam sebelum waktu tutup museum.

Karcis Masuk

Dewasa : Rp 750
Anak-anak di bawah umur 17 tahun dan siswa sekolah : Rp 250

Toko Cinderamata

Museum Nasional (National Museum of Indonesia) menyediakan toko cinderamata berupa buku, kartupos, kain dan lain-lain sebagai kenang-kenangan sehabis kunjungan ke ruang-ruang pameran, juga makanan kecil dan minuman pelepas dahaga. Toko-toko tersebut dibuka selama hari dan jam kunjungan museum.

Parkir Kendaraan

Museum Nasional (National Museum of Indonesia) menyediakan tempat parkir kendaraan di basement 1 dan 2 di gedung baru (Gedung Arca) yang dapat menampung sekitar 200 kendaraan kecil/sedang, kecuali bus. Untuk bis wisata dapat di parkir di halaman gedung lama, maksimal 5 bus. Di halaman belakang Museum Nasional (National Museum of Indonesia) sementara dapat juga digunakan dan dapat menampung sekitar 10 bus wisata.

Jika perlu informasi lebih lanjut, silakan hubungi :

Museum Nasional (National Museum of Indonesia)

Jalan Medan Merdeka Barat no.12,

Jakarta 10110.

Tel. (021) 3868172, Fax. (021) 3447778,

E-mail: museumnasional_ina@yahoo.co.id


Artikel mengenai Museum Nasional (National Museum of Indonesia) ini dikutip dari sini.


View My Saved Places in a larger map

0 comments: