Senin, Februari 16, 2009

Jalan Surabaya, pasarnya barang antik di Jakarta

Jalan Surabaya (Surabaya Street) merupakan pasar barang antik yang terletak di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Disepanjang jalan Surabaya (Surabaya Street) berdiri kios-kios yang menjual barang – barang antik seperti boneka wayang, porselen, patung kayu, topeng, peralatan makan dari kuningan dan perak, lampu antik, pajangan logam, ornamen-ornamen kuno, telepon antik, kamera kuno, kain tenun kuno, piringan hitam, dan masih banyak lagi.

Salah satu kios di jalan Surabaya (Surabaya Street) menjual barang-barang yang unik dan langka berupa peralatan bekas kapal seperti roda kemudi, kompas, teleskop, dan alat selam kuno. Beberapa kios yang terdapat di pasar barang antik jalan Surabaya mengkhususkan diri menjual tas dan koper dari berbagai jenis maupun ukuran serta kios yang menjual buku-buku kuno.

Pasar barang antik jalan Surabaya (Surabaya Street) sudah berdiri sejak tahun 1974 yang peresmianya dilakukan oleh Ali Sadikin, Gubernur Jakarta pada masa itu. Sebelum keberadaan pasar barang antik dibuka di jalan Surabaya (Surabaya Street), umumnya para pedagang barang antik yang ada di pasar ini menjajakan barangnya dengan cara memikul berkeliling kota lama Jakarta untuk mencari pembeli.

Pedagang barang antik yang sekarang berdagang dipasar barang antik jalan Surabaya (Surabaya Street) merupakan generasi kedua dari pedagang barang antik yang sebelumnya berkeliling kota lama Jakarta.

Bagi kolektor barang antik dari dalam maupun luar Indonesia yang gemar berburu barang langka dan terbatas maka keberadaan pasar barang antik di jalan Surabaya (Surabaya Street) sudah tidak asing lagi bagi komunitas ini. Beberapa tokoh dunia yang dikabarkan pernah berkunjung ke pasar barang antik jalan Surabaya (Surabaya Street) seperti Mick Jagger, Sharon Stone, dan mantan Presiden Amerika Serikat, Bill Clinton.

Tips untuk jalan Surabaya (Surabaya Street)

  • Transaksi jual – beli barang pada pasar barang antik jalan Surabaya (Surabaya Street) menggunakan sistem tawar-menawar. Anda sangat disarankan untuk menawar dan membandingkan harga barang dari beberapa kios untuk mendapatkan harga yang memuaskan.
  • Beberapa rumor yang beredar mengatakan bahwa sebagian barang di pasar barang antik ini tidak lagi asli atau barang tiruan yang sepertinya antik. Bila memiliki teman atau kerabat yang mengerti tentang barang-barang antik maka sangat disarankan untuk mengajak mereka bila berniat ingin membeli barang antic di jalan Surabaya (Surabaya Street).
  • Terbatasnya kendaraan umum yang melewati kawasan jalan Surabaya (Surabaya Street), oleh karena itu bila hendak berkunjung ketempat ini tanpa kendaraan pribadi maka dapat menggunakan taksi, ojek motor, atau bajaj.
  • Jalan Surabaya (Surabaya Street) terletak pada kawasan elite Menteng, Jakarta Pusat. Kawasan tersebut berdekatan dengan jalan Cikini, Pasar Cikini, Rumah sakit Cipto Mangunkusumo, Tugu Proklamasi, Situ Lembang dan Taman Suropati, Pasar Rumput.

1 comments:

Anonim mengatakan...

saya ingin menjual piring anti basi,, jika berminat hubungi 082159350191