Selasa, April 14, 2009

Boneka Punch and Judy

Punch and Judy adalah wayang boneka terkenal yang berasal dari negeri Inggris. Punch adalah kependekan dari kata Punchinello berasal dari bahasa Italia, Pulcinella. Wayang boneka ini masuk ke Inggris dibawa oleh seorang dalang pengembara dari Italia pada tahun 1662. Punch bertabiat kasar, senang bertikai dengan ciri-ciri hidung dan punggung yang bengkok. Istri Punch bernama Judy.

Pada mulanya repertoar boneka ini tampil dalam bentuk yang agak luas dengan menampilkan cerita-cerita rakyat. Menjelang akhir abad ke 18 ceritanya mengental seperti bentuk yang ada sekarang, seperti pemukulan istri, melemparkan bayi keluar dari jendela, dan pertemuan Punch dengan beberapa oknum yang diperlakukannya dengan tidak wajar.

Pertunjukan boneka Punch and Judy dimainkan oleh satu orang saja, oleh karenanya hanya dua boneka yang tampil secara bersama-sama. Pemain (pelaku) dalam boneka Punch and Judy adalah Toby si anjing, Bayi, Dokter, pembantu negro, pegawai, pelawak, algojo, arwah, Judy, Jones, Si kuda, Buaya, dan Syetan.

Boneka Punch and Judy ini merupakan koleksi Museum Wayang (Shadow Puppets Museum) yang berlokasi di Jalan Pintu Besar Utara No. 27 Jakarta Barat. Jam Buka Museum Wayang (Shadow Puppets Museum) : Selasa s.d Minggu : 09.00 – 15.00 Wib, hari Senin atau hari Besar : Tutup. Bila anda menyukai hal-hal yang berkaitan dengan Boneka dan Wayang maka sangat disarankan untuk berkunjung ke Museum Wayang (Shadow Puppets Museum)


0 comments: