Senin, April 13, 2009

Perahu Lancang Kuning

Perahu Lancang Kuning berasal dari rumpun dan daerah Melayu. Pada Zaman dahulu, Perahu Lancang Kuning merupakan lambang kekuasaan kerajaan dan digunakan sebagai perahu resmi kerajaan Siak Sri Indra Pura. Menurut legenda, pemilik Perahu Lancang Kuning adalah seorang Putri dari kerajaan Melayu. Setiap perahu Lancang Kuning berlayar maka akan selalu didampingi oleh pengawal dan pengayuh dengan pakaian berwarna kuning. Saat ini Perahu Lancang Kuning hanyalah tinggal legenda dan diabadikan menjadi Mascot Pemerintah Daerah Propinsi Riau.

Replika Perahu Lancang Kuning ini merupakan salah satu koleksi yang terdapat di Museum Bahari Indonesia (Maritime Museum of Indonesia). Selain Perahu Lancang Kuning, Museum Bahari Indonesia (Maritime Museum of Indonesia)
juga memiliki berbagai model kapal penangkap ikan dari berbagai pelosok Indonesia termasuk juga jangkar batu dari beberapa tempat, mesin uap modern dan juga kapal Pinisi (kapal phinisi Nusantara) dari suku Bugis (Sulawesi Selatan) yang kini menjadi salah satu kapal layar terkenal di dunia.

Museum Bahari Indonesia (Maritime Museum of Indonesia) berlokasi di Jl. Pasar Ikan no 1. Jakarta Utara, Telepon: 6693406. Harga tiket untuk dewasa sekitar Rp. 2.000,- dan untuk anak-anak sekitar Rp. 500 - Rp. 1.500,- (Update Januari 2009)

Museum Bahari Indonesia (Maritime Museum of Indonesia) dibuka setiap hari antara 09.00 - 15.00 WIB, dari Selasa hingga Minggu. Pada hari libur sekolah, Museum Bahari akan tetap buka. Museum tutup setiap hari Senin & pada hari-hari libur seperti : Tahun Baru Imlek, Maulid Nabi Muhammad SAW, Tahun Baru Saka, Wafat Yesus Kristus, Hari Raya Waisak, Kenaikan Yesus Kristus, Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW, Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Idul fitri, Idul Adha, Tahun Baru Hijriyah, Hari Natal.

0 comments: