Rabu, April 22, 2009

Kerak Telor

Kerak telor merupakan salah satu makanan khas Betawi yang sudah populer khususnya bagi warga yang bermukim di daerah Jakarta dan sekitarnya.

Bahan-bahan pembuatan kerak telor seperti Lada, garam, bawang goreng, serundeng giling, kelapa gongseng yang diberi kunyit, dan ebi (udang kecil yang dikeringkan) dimasukkan menjadi satu bersama beras ketan yang dimasak lebih dulu.

Cara memasaknya dengan memasukkan beras ketan yang sebelumnya sudah direndam terlebih dahulu hingga kering tanpa menggunakan minyak sayur. Setelah mengering dan menjadi kerak, penggorengan dibalik dan beras ketan dihadapkan langsung dengan bara api pada tungku pembakaran sehingga menghasilkan paduan rasa yang eksotik karena rasa kerak telor menyatu dengan aroma asap yang berasal dari arang. Harga rata-rata kerak telor sekitar Rp. 7 - 9 ribu, biasanya penggunaan bahan dasar dari telor bebek lebih mahal dibandingkan telor ayam.

Penjual kerak telor dapat ditemui pada acara Pekan Raya Jakarta (PRJ) yang penyelenggaraannya setahun sekali, Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan, Kebun binatang Ragunan pada hari Sabtu dan Minggu, Monumen Nasional (Monas) pada hari-hari tertentu (ada keramian atau acara). Selamat mencoba...

0 comments: