Senin, April 13, 2009

Pelabuhan Sunda Kelapa (Sunda Kelapa Harbor)



Pelabuhan Sunda Kelapa (Sunda Kelapa Harbor) merupakan salah satu tujuan wisata yang terletak di keluarahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan Jakarta Utara. keberadaan Pelabuhan Sunda Kelapa (Sunda Kelapa Harbor) memiliki sejarah panjang yang tidak terpisahkan dari kota Jakarta.

Pelabuhan Sunda Kelapa (Sunda Kelapa Harbor) merupakan cikal bakal terbentuknya sebuah kota yang bernama kota Jakarta sekarang ini.

Hal menarik yang dapat dilihat di Pelabuhan Sunda Kelapa (Sunda Kelapa Harbor) seperti kapal-kapal Phinisi yang datang dan pergi membawa barang dari dan ke daerah Sulawesi dan Kalimantan, Melihat aktivitas pelabuhan, juga menyaksikan kehidupan para nelayan disekitar Pelabuhan Sunda Kelapa (Sunda Kelapa Harbor).

Beberapa nelayan disekitar Pelabuhan Sunda Kelapa (Sunda Kelapa Harbor) menawarkan jasa kepada para wisatawan untuk berkeliling dengan perahu mereka. Tidak ada harga yang tetap (pasti) untuk menggunakan jasa perahu nelayan, tetapi harga dinegosiasikan antara wisatawan dan nelayan. Umumnya tarif jasa perahu bagi wisatawan lokal sekitar Rp 25 - 40 Ribu untuk 30 - 60 menit (update tahun 2008)

2 comments:

Pulu Jinabun mengatakan...

Sepertinya menarik ya berkunjung ke pelabuhan Sunda kelapa ini. semoga nanti ada kesempatan berkunjung. tks

Ruben Sukatendel mengatakan...

Memang nenarik pak, tp masalah kebersihan masih menjadi persoalan harus diperhatikan pemerintah dikawasan Pelabuhan Sunda Kelapa ini. Majulah Wisata Indonesia