Sabtu, April 18, 2009

Dalang Cilik


Peranan Dalang dalam menjalankan pertunjukkan wayang memegang peranan penting. Penjelasan seberapa pentingnya peranan dalang dalam wayang dapat dijelaskan dengan mengutip dari tulisan Bpk Slamet Mulyana berikut ini :

Dalam pagelaran wayang, dalang menempati peran dan posisi yang sangat sentral. Ungkapan Jawa dhalange mangkel, wayange dipendem menunjukkan betapa besar peranan dalang dalam pagelaran wayang. Dalang merupakan sutradara sekaligus tokoh utama dalam pagelaran. Ia adalah penutur kisah, penyanyi lagu (suluk) yang mengajak memahami suasana pada saat-saat tertentu, pemimpin suara gamelan yang mengiringi, dan di atas segalanya, dalang merupakan pemberi jiwa pada wayang atau pelaku-pelaku manusianya (Von Groenendael, 1987).

Oleh karena begitu pentingnya peranan sang dalang dalam perwayangan maka mempersiapkan calon-calon dalang mumpuni sejak masih anak-anak sangatlah tepat. Photo dalang cilik ini diambil pada saat pameran kerajinan dan kebudayaan Indonesia di Jakarta convention center (JCC) beberapa waktu lalu.

1 comments:

Anonim mengatakan...

saya tertarik dengan dalang cilik, dimanakah tempat/sanggar dalang di dki.....saya ingin alamatnya...untuk anak..saya